Trend Terbaru Manajemen Mioma Uteri pada Kehamilan

Tanggal : 30 Aug 2018 14:35 Wib


Pribakti B
Departemen Obstetri dan Ginekologi
FK Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin 

Pendahuluan

Mioma, fibroid dan leiomioma uteri adalah sinonim untuk mendefinisikan tumor padat jinak yang paling umum dari genitalia perempuan, prevalensinya meningkat sesuai dengan usia, memuncak pada wanita di usia 40‐an. Insiden yang tepat sulit untuk dihitung, karena penyakit ini terkadang asimptomatik dan terdiagnosis karena kebetulan. Namun, hingga 50% kejadian yang asimptomatik memiliki dampak sosial dan ekonomi yang signif ikan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup perempuan[1]. Gejala klinisnya adalah kelainan menstruasi, anemia, disfungsi kandung kemih, nyeri panggul, dan masalah kesuburan. 
     Data dari literatur dilaporkan bahwa mioma uteri pada kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran spontan, persalinan prematur, abrupsio plasenta, ketuban pecah dini, malpresentasi janin, distosia persalinan, persalinan sesar, dan perdarahan postpartu m dan histerektomi[1,2].

Apakah Kehamilan Mempengaruhi Mioma Uteri?

     Mioma adalah tumor monoclonal yang bersifat jinak dan berasal dari jaringan otot halus uterus dengan sifat molekul yang dapat diubah, sehingga setiap mioma memiliki tingkat pertumbuhan intrinsiknya sendiri yang terlepas dari ukuran dan lokalisasinya. Bahkan, pada wanita yang sama, mioma mungkin menunjukkan tingkat pertumbuhan yang berbeda[3‐5].
     Etiologi yang tepat dari mioma uteri masih belum jelas, meskipun ditandai dengan konsentrasi yang lebih besar dari reseptor estrogen dan progesteron diban dingkan miometrium yang berdekatan, peran utama dari hormon ovarium pun telah diterima secara luas. Memang peningkatan frekuensi dan tingkat keparahan dari mioma uteri disebabkan oleh eksposisi besar dari hormon steroid (awal menstruasi[6], kehami lan dan perimenopause, wanita dengan kelebihan berat badan dan obesitas[7,8]) dan mengurangi pertumbuhan saat menopause jelas menunjukkan ketergantungan estrogen[3,9, 10]. Data yang bertentangan mengenai peran kontrasepsi oral pada pertumbuhan fibroid kemungkinan terjadi karena kandungannya yang berbeda dan jenis hormon yang berbeda dalam setiap formu lasi[3].
     Mekanisme genetik dan epigenetik mencerminkan mekanisme misalnya pad a riwayat keluarga positif mioma uteri dan faktor predisposisi lainnya, seperti metabolisme hormonal yang berbeda, atau faktor lingkungan, seperti pola makan[11], merupakan hal yang penting juga[12,13]. Anomali sitogenetik diamati pada sekitar 40% dari mioma uteri[14], termasuk gen yang terlibat dalam modulasi intraselular, ekstra seluler dan proliferasi[3,15]. Mioma uteri lebih sering terjadi pada wanita Afrika‐Amerika dibandingkan pada wanita kulit putih dan Asia, yang menunjukkan adanya perbedaan kadar estrogen serum diantara kedua kelompok  ini [16 &, 17‐19]. Jadi, meskipun diperkirakan sekitar 1,6‐10,7%[20], kejadian pasti mioma uteri pada kehamilan tidak mudah dihitung, tergan tung tidak hanya kepada semua faktor risiko yang disebutkan di atas, tetapi juga tergantung pada usia kehamilan yang berbeda. 
     
Baca Selengkapnya di Warta Medika Edisi Agustus 2018...

Post Terkait

Kehamilan Pada Wanita Rhesus Negatif

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 17:44 | 14341 View

Hemolytic Disease of the Fetus and Newborn (HDFN) adalah salah satu komplikasi kehamilan yang berat. Hingga tahun 1960-an HDFN merupakan penyebab penting morbiditas dan mortalitas perinatal. HDFN saat ini sudah…

Selengkapnya

Etiopatogenesis dan Tatalaksana Kardiomiopati Peripartum

Tanggal Publikasi: 02 Sep 2019 09:43 | 3726 View

Kardiomiopati peripartum didefinisikan sebagai disfungsi ventrikel kiri yang mengarah ke gagal jantung, tanpa diketahui penyebabnya serta terjadi pada bulan terakhir kehamilan hingga 5 bulan postpartum. Kardiomiopati peripartum menjadi penyebab meningkatnya…

Selengkapnya

Upaya Pencegahan Trauma Perinium pada Persalinan

Tanggal Publikasi: 12 Jul 2019 14:59 | 3489 View

Trauma perineum didefinisikan sebagai kerusakan bodi/perineum yang terjadi selama proses persalinan, baik secara spontan atau karena episiotomi. Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan sekitar 85% dari perempu an yang melahirkan akan…

Selengkapnya

Masalah Urogenital pada Kehamilan dan Postpartum

Tanggal Publikasi: 11 Jun 2019 15:09 | 3629 View

Selama kehamilan ibu akan mengalami perubahan anatomi fisiologis pada sistem organ tubuhnya. Pengenalan perubahan anatomi fisiologis tubuh selama kehamilan dapat mengadaptasikan ibu terhadap perubahan tersebut. Perubahan anatomi dan adaptasi fisiologissistem…

Selengkapnya

Penggunaan Pesarium pada Stres Inkontinensia Urin

Tanggal Publikasi: 06 May 2019 17:40 | 1589 View

Penggunaan pessarium seharusnya dipertimbangkan untuk semua wanita yang menderita SUI, khususnya bila diputuskan penanganan secara konservatif.

Selengkapnya