Warta Medika


Edisi Oktober

Edisi Oktober Tahun 2017

Keamanan Pangan sebagai Bagian Penting Kesehatan

Selengkapnya

April

April Tahun 2018

Dari Redaksi

World Health Organization (WHO) memutuskan untuk merayakan Hari Kesehatan Dunia pada tanggal 7 April setiap tahunnya mulai dari tahun 1950. Hari Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO, sekaligus sebuah kesempatan untuk menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya.

Salah satu masalah besar kesehatan global yaitu terkait Universal Health Coverage . Mengenai hal ini, WHO meminta para pemimpin dunia untuk memenuhi janji yang mereka buat
saat mereka menyetujui Sustainable Development Goals pada tahun 2015, dan berkomitmen pada langkah nyata untuk memajukan kesehatan semua orang. Termasuk memastikan
bahwa semua orang, di mana saja dapat mengakses layanan kesehatan berkualitas tanpa menghadapi kesulitan keuangan. 

Tidak hanya masalah Universal Health Coverage, topik yang juga penting untuk dibahas yaitu imunisasi. Minggu terakhir bulan April setiap tahun ditandai oleh WHO dan mitranya sebagai Pekan Imunisasi Sedunia. Tujuannya untuk mempromosikan penggunaan vaksin untuk melindungi orang dari segala usia terhadap penyakit. Imunisasi menyelamatkan jutaan nyawa dan dikenal secara luas sebagai salah satu intervensi kesehatan paling sukses dan hemat biaya di dunia. Tujuan utama dari kampanye 2017 dengan tema #VaccinesWork adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya imunisasi penuh sepanjang hidup, dan perannya dalam mencapai Sustainable Development Goals. 

Oleh karena itu, pada Majalah Medika edisi kali ini, akan membahas mengenai pentingnya cakupan kesehatan universal melalui artikel Bahasan Utama dengan judul “Universal Health Coverage dan Peran Setiap Kelompok”. Sedangkan pada Bahasan Khusus akan membahas mengenai “Cakupan Imunisasi Dunia”. Diharapkan kedua topik tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan wawasan para pembaca terkait isu kesehatan dunia. (Redaksi)

Selengkapnya

Jurnal Medika CME

Kolom

Jalan Menuju Panjang Umur