PRIVILEGE CARD™ Medika

1.Member PCM dibuat sebagai bentuk apresiasi pengabdian untuk tenaga medis di seluruh Indonesia. 2. Sebagai bentuk mobilitas tinggi yang diberikan oleh PT Medika Media Mandiri untuk semua tenaga medis di seluruh Indonesia. 3. Memfasilitasi pendukung dalam pemenuhan kebutuhan resertifikasi tenaga medis di seluruh Indonesia.

Edisi Juni 2016

Segera berlangganan dan dapatkan keuntungan menarik lainnya!
camera slider joomla

Studi ini menggunakan desain potong lin­tan­g dengan metode pengambilan sampel konsekutif. Studi ini melibatkan 199 orang survivor kanker payudara yang telah ter­diagnos­is selama satu tahun atau lebih, dan menjalani pengobatan di dua rumah sakit besar. Pasien kanker payudara tersebut dibandingkan dengan wanita sehat setelah sebelumnya dilakukan penyesuaian usia.   Wanita sehat yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari karyawan dua rumah sakit dan sukarelawan. Kualitas hidup dievaluasi meng­gunakan kuesioner kualitas hidup Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization atau WHO) versi Bref (disingkat WHOQOL-bref). Data terapi, aspek klinis, serta sosioekonomis juga digali dalam pene­litian ini. Uji c2 dan model linear terge­ne­ra­lisasi digunakan sebagai analisis statisik. Tingkat signifikansi yang diambil ialah 5%.

Hasilnya, rerata usia survivor kanker payudara dalam studi ini ialah 54,4 tahun (SD=10,4) dan rata-rata panjang waktu seme­njak diagnosis hingga waktu penelitian adalah 5,0 tahun (SD=4,6). Survivor melaporkan kualitas hidup yang secara umum lebih buruk (p=0,001), begitu pula halnya dengan domain fisik (p<0,001), psikologis (p=0,002), dan lingkungan (p=0,029) dibandingkan dengan grup perbandingan setelah dilakukan penyesuaian untuk faktor perancu potensial. Tidak ditemukan per­bedaa­n bermakna dalam domain hubungan sosial di antara kedua kelompok (p=0,929).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa survivor kanker payudara memiliki hasil penila­ian kualitas hidup yang lebih buruk di­bandingkan dengan wanita sehat. Informasi ini akan berguna untuk membangun stra­tegi untuk meningkatkan kualitas hidup wanit­a penderita kanker payudara.

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish