PRIVILEGE CARD™ Medika

1.Member PCM dibuat sebagai bentuk apresiasi pengabdian untuk tenaga medis di seluruh Indonesia. 2. Sebagai bentuk mobilitas tinggi yang diberikan oleh PT Medika Media Mandiri untuk semua tenaga medis di seluruh Indonesia. 3. Memfasilitasi pendukung dalam pemenuhan kebutuhan resertifikasi tenaga medis di seluruh Indonesia.

Edisi Mei 2016

Segera berlangganan dan dapatkan keuntungan menarik lainnya!
camera slider joomla

Beban gand­a ini menyebabkan para dokter di Indonesia memiliki tuga­s yang lebih berat karena rentang variasi penyakit yang lua­s. Bagaimanapun, selalu ada pendidikan keahlian untuk pening­katan kompetensi ilmu secara spesifik, namun tetap harus holistik karena manusia memiliki banyak organ yang salin­g terkait satu sama lain. Sistem pengobatan di Indonesia mengharapkan seorang dokter spesialis yang mampu mena­ngani pasien yang memiliki bera­gam penyakit dan faktor risiko.

1106-Keg-DaryavariaTugas seorang ahli penyakit dalam dan kardiologi pun bertambah dengan berbagai penyakit di bidang kardiologi. Angka morbiditas, mortalitas, dan kecacatan akibat penyakit-penyakit kardio-serebro-vaskuler telah menjadi beban yang tak hanya berdampak bagi kesehatan, tapi juga ekonomi nasional. Untuk itulah maka pada 25-27 Maret 2011 lalu, Perhim­punan Kardiologi Indonesia menyelenggarakan simposium tahunan “20th Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (Asmiha)” di Hotel Ritz Carlton. Acara ini memberikan cakrawala luas kepada para sejawat yang mendalami bidang kardiologi mengenai beber­apa perkembangan terbaru dalam bidang kardiologi.

Namun, di tengah penelitian dan promosi obat-obat baru yang jumlahnya sangat banyak di era evidence based medicine ini, ada juga obat-obat lama yang memiliki bukti ilmiah yang sangat baik sehingga tetap ber­tahan melintas zaman. PT Darya Varia merupakan produsen Cedocard, yang merupakan obat untuk terapi antiangina dan infark miokard. Perusahaan ini merupakan salah satu partisipan acara Asmiha, dan kembali mempromosikan “obat lama yang pertama dan memberikan efektivitas terbaik”. Cedocard yang berisi isosorbid dinitrat (ISD­N) memang terapi standar bagi pasien angina dan infark miokard.

ISDN diindikasikan bagi peng­obatan angina pektoris dan pencegahan terjadi serangan angina pada penderita penyakit jantung koroner menahun. Obat ini juga digunakan untuk peng­ob­atan angina pasca-infark miokard. ISDN bekerja dengan melebarkan pembuluh darah jantung (arteri koroner). Keman­jurannya akan sama dengan nitro­gliserin bila diberikan subling­ual. Pemberian Cedocard memiliki keunggulan efek terapi yang lebih lama dengan daya kerja yang sama baiknya.

Cedocard yang diberikan se­car­a sublingual pada dosis 5 mg memberikan daya kerja setelah 2 menit. Lama kerjanya 2-3 jam. Bila diberikan secara oral, daya kerjanya dimulai setelah 20-30 menit, dipertahankan dalam 4 jam. Cepatnya daya kerja Cedocard ini disebabkan ke­larutan­nya yang sangat tinggi di air, sementara daya kerja diperpanjang (waktu kerja panjang) karena proses penguraian enzim lebih lama daripada nitrogliserin.

Dosis dan cara pemberian juga menjadi concern yang wajib diperhatikan oleh para dokter dan pasien. Melalui komunikasi yang baik, compliance terapi dan ketepatan pemberian obat dapat dicapai dengan optimal. Untuk serangan angina pektoris, satu tablet dilarutkan perlahan-lahan di dalam mulut, bawah lid­ah. Untuk pencegahan, tergantung beratnya penyakit, dapa­t 1-2 tablet 3-4 kali sehari. Untuk pencegahan serangan malam hari, berikan 1-2 tablet sebelum tidur. Ingat prinsip farma­koekonomi bahwa peng­obat­an yang paling  mahal adalah terapi yang tidak efektif. Dengan demikian, pemberian Cedocard yang tepat akan memberikan nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Efek samping umumnya tidak dijumpai, kecuali diberikan sampai dosis harian 40 mg atau lebih. Pada pengobatan jangka panjang, efek samping sakit ke­pala bisa hilang. Bagaimanapun, Darya Varia telah secara konsisten mempromosikan obat ini selama puluhan tahun dengan harapan angka morbiditas dan mortalitas akibat serangan angin­a dan infark miokard dapa­t ditekan sehingga memberikan kualitas hidup yang baik pada pasien. Sebagai klinisi, kita tetap menghargai produk bernilai EBM dan telah bertahan me­linta­s zaman, meskipun tetap meng-update diri dengan pe­ngetahuan baru di bidang tata laksana penyakit kardiologi seca­ra holistik. u (a)


Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish