Perkiraan Status Tulang Mandibula dan Kepadatan Mineral Tulang Lumbar pada Wanita Pasca Menopause

Tanggal : 09 Sep 2017 06:47 Wib


Stagraczynski M, Kulczyk T, Podfigurna A, et. Al. Pol Merkur Lekarski. 2016 Aug; 41(242): 79-83

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27591444

 

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang serius di kalangan wanita pasca-menopause. Berbagai studi klinis  menunjukan korelasi antara kepadatan mineral tulang yang rendah pada kolumna spinalis, panggul, dan status tulang mandibula. Tujuan dari studi ini adalah untuk membandingkan status tulang mandibula dan bagian lumbar tulang belakang wanita pascamenopause dengan osteoporosis, osteopenia, dan wanita pasca-menopause yang memiliki kepadatan mineral tulang normal.

Studi ini mengikutsertakan 47 orang wanita pasca-menopause dengan rata-rata usia 54,8 tahun +/- 3,65 tahun. Pada seluruh subjek, dilakukan pengukuran densitometry pada bagian lumbar tulang belakang. Hasil densitometri ini akan membantu peneliti dalam mengelompokkan subjek menjadi 3 kelompok, yakni kelompok osteoporosis (n = 10), kelompok osteopenia (n=20), dan ke lompok normal (n = 17). Gambaran radiogr afi tulang mandibula dari tiap subjek juga diambil dan hasilnya akan dianalisis secar a statistik. Dari hasil analisis tersebut, tidak ditemukan korelasi antara Panoramic Mandibular Index (PMI) dan Mandibular Ratio (MR) dengan hilangnya kepadatan mineral tulang pada tulang belakang pada wanita pasca-menopause. Namun, terdapat korelasi positif antara jarak dari margin inferior pada mental foramen ke korteks mandibula inferior dan derajat defisiensi mineral tulang belakang.

Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa PMI dan MR bukan merupakan indika tor radiologi yang memadai untuk mengetahui hilangnya kepadatan mineral tulang belakang pada wanita pascamenopause. Namun demikian, pengukuran jarak antara margin inferior pada mental foramen ke korteks mandibula inferior memiliki korelasi dengan derajat defisiensi mineral tulang belakang. Parameter ini dapat digunakan dalam memperkirakan risiko osteoporosis.


Post Terkait

Kebiasaan Minum Alkohol atau Merokok dan Dampak pada Kognitif Anak

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:30 | 43 View

Meskipun paparan alkohol dan nikotin prenatal sudah dihubungkan dengan menurunnya fungsi kognitif anak‐anak, tetapi hubungan antara minum alkohol selama menyusui dan fungsi kognitif belum diperiksa.

Selengkapnya

Hubungan indeks massa tubuh (IMT) dengan adiponektin interleukin‐1, stress oksidatif, dan tingkat ioduria pada orang dewasa sehat

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:20 | 33 View

Yodium berfungsi untuk menjaga keseimbangan proses oksidasi dan reduksi, dan juga diperlukan untuk sintesis hormon tiroid sebagai triiodothyronine (T3), yang mengatur metabolisme energi pada orang dewasa.

Selengkapnya

Pengaruh Pendidikan Menyusui pada Satu Minggu Setelah Persalinan

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:20 | 44 View

Minggu pertama setelah persalinan adalah periode yang sangat pentin g untuk inisiasi ASI ekslusif.

Selengkapnya

Update dalam Perawatan Tuberkulosis Aktif dan Laten

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:17 | 32 View

Terapi lini pertama untuk penyakit tuberkulosis aktif tetap tidak berubah selama hampir 40 tahun.

Selengkapnya

​Risiko infeksi berat pada petugas layanan kesehatan dengan penyakit radang usus

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:14 | 29 View

Apakah petugas kesehatan dengan penyakit radang usus memiliki risiko terkena infeksi berat karena paparan patogen harian yang kontroversial.

Selengkapnya


Jurnal Medika CME

Kolom

Jalan Menuju Panjang Umur