Cegah Demensia Sejak Dini

Tanggal : 12 Jul 2019 14:55 Wib


Bulan Mei merupakan bulan penting untuk para Lansia (Lanjut Usia) dimana setiap tanggal 29 Mei merupakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Dengan memperingatkan HLUN maka kesadaran akan kesehatan sangatlah penting, karena setiap manusia nanti secara alami akan mengalami fase penuaan. Terlebih lagi banyaknya penyakit degeneratif yang biasa dialami oleh Lansia. Tetapi ada satu penyakit yang biasanya selalu hadir di kehidupan Lansia, yaitu Demensia.
Demensia sendiri merupakan penurunan daya fungsi otak yang mempengaruhi daya ingat, perilaku dan emosi seseorang. Biasanya Demensia terjadi pada usia lebih dari 55 tahun, tetapi banyak juga yang belum memasuki usia 55 sudah terdeteksi untuk terkena Demensia. Ada beberapa ciri‐ciri seseorang terkena Demensia seperti cepat mengalami kelupaan sebelum atau saat mengerjakan sesuatu, sulit berpikir atau melakukan konsentrasi dalam mengambil keputusan,mengala mi gangguan penglihatan dan jarak pandang, serta mengalami gangguan saat menulis dan berbicara.
Untuk itu diharapkan sebelum memasuki ciri‐ciri diatas, ada baiknya melakukan pencegahan. Ada beberapa trik supaya terhindar dari Demensia. Pertama; seringlah untuk membaca, karena dengan membaca maka otak akan selalu dirangsang untuk mengingat dan mengasah kosentrasi dari seseorang. Kedua dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang tinggi antioksidan sehingga otak akan selalu terbebas dari radikal bebas.
Ketiga dengan selalu melakukan olahraga, khusus untuk Lansia ada beberapa jenis olahraga yang disarankan, pertama berjalan, karena dengan berjalanan maka akan membantu system pernafasan menjadi lebih baik, sehingga oksigen yang masuk kedalam otak berjalan dengan baik dan lancar. Kedua jogging atau lari‐lari kecil, fungsinya untuk membantu pernafasaan dan jantung agar system peredaran darah dalam jantug berjalan dengan baik dan ketiga yaitu dengan berjalan di dalam air, dengan melakukan hal ini maka fungsi paru‐paru dalam memompa oksigen dapat berjalan dengan baik. Intinya ketiga olahraga tersebut sama‐sama berfunsgi untuk membantu dalam peredaran darah ke otak dan meningkatkan kadar oksigen.
Lalu cara keempat untuk melakukan pencegahan Demensia dengan selalu melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter saraf. Diharapkan dengan pemeriksaan tersebut, bisa memonitoring system kerja tubuh agar tetap berjalan dengan baik, khususnya system kerja saraf dalam melakukan hal sehari‐hari. (D.W)

Post Terkait

Perlukah Buah dan Sayur Dikonsumsi Setiap Hari?

Tanggal Publikasi: 13 Aug 2019 10:54 | 5 View

Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan bahwa setengah dari makanan kita harus berasal dari buah -buahan dan sayuran. Myplate.gov juga mendukung bahwa setengah piring makan kita harus berisi buah dan…

Selengkapnya

Kendalikan Penyakit yang Tidak Bisa Disembuhkan

Tanggal Publikasi: 13 Jun 2019 08:31 | 51 View

​Beberapa penyakit dikategorikan tidak bisa sembuh alias menetap di sepanjang hidup kita. Contohnya adalah asma dan lupus. Keduanya tidak mengenal istilah sembuh, tetapi hanya ada remisi. Remisi artinya hilangnya penyakit…

Selengkapnya

Sehat Mulai dari Diri Sendiri Mulai Aktivitas Fisik

Tanggal Publikasi: 06 May 2019 12:50 | 102 View

Menjaga kesehatan harus dimulai dari diri sendiri. Sering kita mendengar, hidup itu pilihan, termasuk hidup sehat, pilihan nya ada di tangan kita pribadi.

Selengkapnya

Kebiasaan Makan Ini Sangat Meningkatkan Risiko Stroke

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 13:50 | 731 View

Selama ini yang diketahui sebagian besar orang bahwa dalam upaya diet penurunan berat badan dan rutinitas olahraga disarankan untuk mengonsumsi daging merah sebagai sumber protein karena daging merah kaya akan…

Selengkapnya